Persiapan PPL Daring Prodi Ekonomi Syariah

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diadakan oleh prodi Ekonomi Syariah setiap tahunnya, yakni bagi mahasiswa yang sudah masuk di semester 6. PPL ini dilaksanakan untuk melatih life skill mahasiswa agar lebih siap di dunia kerja sekaligus sebagai latihan untuk mempersiapkan tugas akhir (skripsi). Tahun ini diadakan dua jenis kegiatan PPL yakni PPL Luring dan PPL Daring dikarenakan masih dalam suasana Pandemi Covid 19. PPL luring dilaksanakan di lokasi yang sudah ditentukan oleh prodi Ekonomi Syariah, sedangkan PPL Daring ditentukan oleh mahasiswa masing-masing yang memilih melakukan PPL Daring.

Tahun ini adalah pertama kalinya Saya mendapatkan tugas sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPL Daring. Sebagai persiapan, Saya adakan pertemuan virtual sekaligus memberikan penjelasan terkait persiapan PPL Daring kepada mahasiswa bimbingan Saya.

Persiapan PPL Daring Ekos 2021

Ada beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan dalam persiapan PPL Daring tersebut, antara lain :

  1. Definisi, maksud dan tujuan PPL Daring,
  2. Kualifikasi Lokasi PPL Daring,
  3. Mekanisme Pelaksanaan PPL Daring,
  4. Teknis Penyampaian Laporan PPL,
  5. Ketentuan Umum Laporan PPL, dan
  6. Komponen Penilaian PPL.

Dari beberapa tema pembahasan di atas, ada satu poin penting yang Saya tekankan yakni teknis penyampaian laporan, karena laporan itulah nantinya yang menjadi dasar penilaian kegiatan PPL Daring.

Program PPL Daring kali ini dibagi menjadi dua macam, yakni program literasi dan program non literasi. Perbedaan dari kedua program tersebut adalah pada intensitas kegiatan literasinya. Program PPL literasi banyak menekankan literasi edukatif, yakni dengan mengupload gambar atau poster edukatif pada akun media sosial mahasiswa PPL masing-masing tiap minggunya dan dilaporkan kepada DPL. Sedangkan untuk program PPL non literasi lebih fokus kepada perencanaan dan pelaksanaan PPL di daerah sekitarnya yang dijadikan objek untuk penyusunan artikel ilmiah.

Baik program literasi maupun non literasi keduanya diwajibkan untuk membuat laporan laporan ilmiah dan laporan akhir (berisi kumpulan dari laporan-laporan yang dibuat selama PPL). Oleh sebab itu, menurut hemat Saya, mahasiswa PPL tetap fokus pada pengerjaan laporan artikel ilmiah, karena laporan tersebut memiliki bobot nilai paling besar.

Sebagai penutup, Saya sampaikan kepada mahasiswa PPL Daring agar mempersiapkan sejak awal terhadap apa yang menjadi objek penelitiannya, mulai dari perencanaan dan persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan PPL setiap minggunya hingga minggu terakhir. Sebagai tambahan saya sertakan link powerpoint yang Saya gunakan sebagai bahan presentasi, silakan unduh di sini. Berikut rekaman persiapan pelaksanaan PPL Daring Prodi Ekonomi Syariah 2021.

Rekaman Persiapan PPL Daring
Suka artikel ini? Silakan Share.